Arti SEO dan pengertiannya

Azzamdev - Pengertian SEO, Apa itu SEO atau SERP?? SEO adalah optimasi mesin pencari. Dalam bahasa inggris di sebut Search Engine Optimization, sedangkan SERP adalah Search Engine Result Page.

Pengertian umum nya adalah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas traffic pengunjung situs atau website tertentu yang memanfaatkan mekanisme atau algoritma mesin pencari.

SEO diterapkan dengan tujuan menempatkan situs atau web di posisi teratas atau paling tidak di halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan.
Arti SEO dan pengertiannya
arti seo dan pengertiannya
Kenapa SEO itu penting ??

Ibarat sayur tanpa garam, ibarat dangdut tanpa goyang, ibarat website tanpa pengunjung (trus apa jadinya ya??) seperti itulah kira-kira kalau sebuah website atau blog tanpa penerapan SEO. Karena untuk membangun situs web atau blog yang sehat kita harus memperhatikan jumlah pengunjung yang datang.

Dengan penerapan SEO yang benar kita bisa memaksimalkan jumlah pengunjung yang datang dari berbagai mesin pencari. Sebagian besar orang berselancar untuk sekedar mencari informasi atau hiburan dan bahkan melakukan bisnis lewat jaringan internet menggunakan mesin pencari. Contoh mesin pencari yang banyak digunakan adalah GOOGLE, YAHOO, BING dan BAIDU.

baca juga :
Cara mendapatkan uang dari blog
Peluang usaha online

Dasar SEO

dasar SEO ada 2 yaitu :

1. On Page SEO
Dasar SEO yang pertama yaitu On Page SEO ini digunakan untuk diterapkan langsung pada rancangan web atau blog itu sendiri seperti :
  • pemilihan keyword yang tepat
  • penggunaan header Tag
  • penggunaan alt tag yang sesuai
  • penggunaan dynamic header
  • penggunaan keyword pada artikel content

2. Off Page SEO
Untuk Off Page SEO ini paling banyak digemari karena relatif mudah dilakukan tanpa melihat kode CSS yang njelimet dan bikin pusing. Kebalikan dari On Page tadi yaitu penerapannya diluar rancangan web atau blog tapi tetap berhubungan dengan algoritma Search Engine.
Contohnya nih :
  • menanam backlink
  • penggunaan sistem pagerank
  • penggunaan anchor text yang digunakan pada Link
  • SPAM (termasuk blackhat SEO setahu saya dan sangat tidak dianjurkan)
  • blogwalking

Pengaruh SEO pada situs web atau blog

Kebanyakan orang awam memilih memakai mesin pencari karena penggunaan nya pun relatif mudah. Karena tidak semua orang hafal jutaan website atau blog yang ada. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang ingin dituju sudah muncul daftar situs yang menawarkan informasi yang dibutuhkan.

Bagi blogger pun vital sekali fungsi SEO itu karena kita para blogger menjual informasi dan bisnis lewat artikel kita. Tanpa adanya traffic yang bagus kita tidak akan bisa mendapatkan target seperti yang kita inginkan (karena bagi para blogger traffic tinggi itu kepuasan yang tiada bandingannya... iya ga?? hehehe).

Apalagi bagi orang yang berkecimpung di dunia bisnis online (apalagi yang ini.. harus menjadi darah daging dulu kayaknya). Mengetahui ilmu SEO menjadi hal yang wajib, untuk mendongkrak angka online marketing bisnis yang kita jalankan. Bahkan banyak website perusahaan besar yang memperkerjakan ahli SEO dalam pengembangan website mereka. Itulah gambaran sederhana tentang bagaimana pentingnya pengetahuan soal SEO atau SERP dalam dunia bisnis online.

baca juga : Panduan memulai bisnis online anda

Mungkin dari artikel diatas masih banyak kekurangan tentang definisi SEO atau penerapan SEO yang baik dan benar. Bagi teman blogger yang tidak keberatan untuk sharing atau berbagi ilmunya dengan saya, tolong tinggalkan komentar yang bersahabat. thanks..

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Arti SEO dan pengertiannya"

  1. Mantef bro.. Thanks atas pembahasannya tentang Seo.. ini yang sering gw cari-cari.. sangat bermanfaat banget.. jgn lupa bro.. review blog ane.. :D

    ReplyDelete
  2. boleh tanya mas, penerapan sistem pagerank itu seperti apa ya

    ReplyDelete
  3. @sacred 99th : itu cuma sekedar penghargaan dari google kepada web atau blog yang rame pengunjung nya..

    ReplyDelete

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..