Kamus Istilah Jual Beli Online Lengkap

Azzamdev - Kamus Istilah Jual Beli Online Lengkap, banyak yang mencari istilah dalam jual beli online di internet, mulai dari arti PO, supplier, reseller, endorse, dropship dan lain sebagainya. Dengan berkembangnya bisnis atau jual beli berbasis online mendorong kita untuk menguasai istilah jual beli online atau bisnis online. Apa sajakah istilah dalam jual beli atau bisnis online itu? Mari kita simak di bawah ini.

1. PO
Arti PO dalam jual beli online
PO bisa di artikan dalam 3 makna, tergantung konteks yang digunakan saat percakapan transaksi dilakukan.

1.a. PO = Pay Out
Pay Out merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam bisnis online yang berfokus pada program periklanan, bisnis online, dll. Secara umum arti PO (Pay Out) adalah pembayaran komisi yang diperoleh oleh member dari hasil pemasarannya. Jadi Pay Out dapat diartikan sebagai pembayaran komisi.

Baca artikel terkait : Istilah dalam bisnis online

1.b. PO = Pre Order
Istilah PO ke dua dalam jual beli online adalah Pre Order. Arti Pre Order dalam jual beli online adalah transaksi jual beli online yang dilakukan dengan cara pembeli terlebih dahulu harus melakukan pemesanan barang dan memberi DP.
Pembeli biasanya tidak membayar keseluruhan harga produk namun dia hanya membayar sebagian dari harga tersebut (DP). Proses pelunasan pembayaran biasanya dilakukan setelah barang sudah siap dan akan di kirim ke alamat pembeli.
Biasanya Pre Order ini dilakukan karena stok barang tersebut tidak langsung tersedia. Produk yang biasanya menggunakan sistem Pre order adalah produk custom (berdasarkan permintaan) atau produk yang di beli dari luar negeri.

1.c. PO = Purchase Order
Istilah lain PO yang sering di gunakan dalam jual beli online adalah Purchase Order. Arti Purchase Order (PO) adalah dokumen yang dibuat pembeli untuk penunjukkan produk atau barang yang akan mereka beli dari penjual, gampangnya Purchase Order bisa disebut juga daftar produk atau list produk yang akan di beli atau di pesan oleh si pembeli
Purchase Order juga dapat di definisikan sebagai surat permintaan pembelian barang dari pembeli untuk penjual dengan mencantumkan jumlah dan harga barang.
Penggunaan Purchase Order ini memang terlihat sangat rumit untuk melakukan transaksi jual beli barang dalam Online Shop. Tapi proses pembelian dengan Purchase Order akan memberikan keamanan dan terhindar dari tindakan penipuan.

Kamus Istilah Jual Beli Online Lengkap
Kamus Istilah Jual Beli Online Lengkap
2. Fix Order
Dalam jual beli online biasanya sebelum melakukan transaksi calon pembeli akan bertanya-tanya dulu kepada penjual. Bisa bertanya tentang spesifikasi barang, alamat toko, hingga nego harga. Nah Fix order bisa di artikan pembeli sudah dipastikan (fix) akan membeli barang tertentu. Untuk fix order, pembeli akan diminta untuk mengirimkan format order

3. Format Order
Format order adalah format pembelian yang menunjukkan bahwa pembeli sudah fix order. Format order digunakan untuk memudahkan penjual mengatur pembukuan dan pengiriman barang.

4. Keep
Keep artinya disimpan, jadi barang yang telah dipesan oleh calon pembeli tidak akan dijual ke orang lain sampai pembeli tersebut melunasi pembayaran. Meskipun begitu, ada syarat dan ketentuan yang mengikuti sistem keep. Contoh ketentuannya seperti: keep maksimal hanya 1x24 jam atau 2x24 jam, setelah waktu tersebut maka order dianggap batal.

5. DP
DP artinya Down Payment atau tanda jadi. Ini adalah sistem pembayaran yang tidak langsung dibayar lunas. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan untuk barang dengan sistem pre order.  Kadang bisa membayar dulu 50%-80% , atau sesuai kesepakatan dari penjual.

6. Full payment
 Full payment artinya pembayaran penuh, atau LUNAS.

Baca juga : Referensi sistem pembayaran online 

7. Supplier
Sebutan untuk perusahaan atau perseorangan yang memberikan pasokan barang pada para penjual. Mereka adalah tangan pertama dalam rantai penjualan.

8. Seller
Dalam bahasa Indonesia artinya adalah penjual. Mereka ini adalah para pemilik toko jual beli online.

9. Reseller
Penjual yang membeli produk dari supplier dan dijual kembali

Baca artikel terkait : Panduan menjadi Reseller

10. Customer
Sebutan untuk para pembeli.

11. Booked No Cancel
Artinya kalo kamu udah bilang booked, berarti kamu sudah positif memesan dan pasti akan membeli barang atau produk supplier

12. Bid and Run
Bid and run ini istilah untuk calon pembeli yang udah booked dan menjanjikan akan kirim transfer via bank pada tanggal dan jam yang sudah dijanjikan tapi calon pembeli itu tak kunjung memberi kabar sampai lebih dari 12jam.

13. Price Police.
Price police artinya Membandingkan Harga. Aksi ‘price police’ dari pembeli merupakan aksi yang dibenci oleh penjual online shop, Aksi ini biasanya melibatkan perbandingan harga antar satu penjual dengan penjual sama lainnya. Istilahnya ingin mengadu domba online shop.

14. Resi
Resi adalah nomor pengiriman barang yang didapatkan setelah melakukan pengiriman melalui jasa ekspedisi. Resi ini digunakan untuk melacak posisi barang.

15. Shipping / Ongkir
Shipping artinya Ongkos Kirim atau Biaya pengiriman dari lokasi penjual ke alamat pembeli. Biaya ini ditanggung oleh pembeli. Istilah shipping biasanya untuk jual beli online sampai mancanegara

16. COD
COD artinya Cash on Delivery. Cara pembelian di mana penjual dan pembelinya bisa bertatap muka. Biasanya COD dilakukan buat mereka yang ternyata tinggalnya di tempat yang berdekatan.

17. Dropship
Dropship adalah istilah buat mereka yang menjualkan barang supplier dengan nama seller sendiri. pengiriman barang dilakukan langsung oleh supplier, tetapi menggunakan nama seller dropship.

18. Ready Stock
artinya persediaan tersedia. Jadi, barang yang dijual sudah ada di tangan penjual. Jika transaksi mencapai kata sepakat, maka barang bisa langsung dikirim.

19. Sold Out
Sold out artinya terjual habis, kita udah ga ada harapan lagi membeli barang-barang tersebut kalau udah ada keterangan sold out. Jadi ga usah ditanya pun pasti udah ga ada stocknya, So kita mesti cari barang yang lain alias yang tidak ada tulisan sold out.

20. Restock
Restock artinya stok ulang barang. Jadi barang yang tadinya udah sold out di restock lagi. Restock ini belum tentu ada tiap bulannya dan tiap barangnya. jadi mesti update mantengin di depan layar monitor kalo pingin banget barang tersebut.

21. ETA
ETA adalah Estimate Time of Arrive, atau bisa di artikan perkiraan waktu kedatangan barang dari asal negeri yang diimport.

22. Ekspedisi
Ekspedisi merujuk pada jasa pelayanan barang, seperti JNE, POS, TIKI, Wahana, SiCepat, ESL, NHL, Pahala, dll.

23. FYI
FYI artinya adalah for your information atau informasi untuk anda

24. Retur
Retur bisa diartikan pengembalian barang dari customer kepada seller karena alasan tertentu seperti barang cacat, rusak, dst.

25. Rekap / Listing
Rekap artinya perhitungan dari beberapa jumlah orderan atau pesanan.

26. Refund
Refund artinya Pengembalian uang customer karena alasan tertentu seperti tidak jadi belanja, stok habis, sisa dana belanja dst

27. PM
PM artinya private message or personal message, kegiatan mengirim detail invoice atau melanjutkan pembicaraan melalu inbox atau chat pribadi.

28. Blacklist
Blacklist artinya daftar hitam hal yang bermasalah, seperti daftar penipu, customer susah membayar, customer iseng dan sejenisnya.

29. Endorse
Endorse adalah salah satu cara onlineshop untuk mempromosikan barangnya dengan menggunakan jasa seleb/akun berfollower banyak. Onlineshop akan memberikan produk bahkan membayar seleb tersebut untuk menggunakan produknya dan mengiklankannya di akun sosial mereka.

30. Preloved (PL)
Preloved artinya sama dengan barang second atau bekas pakai.

31. Paid Promote (PP)
PP hampir sama dengan endorse, sama-sama cara promosi onlineshop bekerja sama dengan akun lain. Perbedaan antara endorse dan paid promote yaitu jika endorse maka onlineshop memberikan produk mereka untuk dipakai dan diiklankan, sedangkan pada paid promote onlineshop hanya mengiklankan produk mereka saja di akun seleb/akun berfollower banyak tersebut.

32. Shotout for Shotout (SFS)
SFS adalah salah satu cara onlineshop untuk meningkatkan follower. Caranya dengan saling mempromosikan sesama onlineshop di akun media sosial olshop tersebut.

Jika kamus Istilah Jual Beli Online ini kurang lengkap anda bisa menambahkan kekurangannya di kolom komentar. Jika artikel ini juga bermanfaat mohon share nya juga ya, terima kasih..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kamus Istilah Jual Beli Online Lengkap"

Post a Comment

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..