Cara memulai bisnis Reseller, panduan reseller dan artinya

Cara memulai bisnis Reseller, panduan reseller dan artinya
cara memulai bisnis reseller
Reseller, arti atau definisinya

Secara harfiah arti Reseller ialah Re = kembali ; Seller = penjual

Lalu secara umum definisi Reseller adalah menjual kembali suatu produk setelah penjual itu membelinya dari produsen.

Pelaku bisnis Reseller belakangan ini mengalami peningkatan yang drastis. Karena pelaku bisnis online yang satu ini tidak terikat waktu dan tempat. Anda tidak harus mempunyai kantor sendiri ataupun karyawan, kamu bisa menjalankan bisnis ini di rumah, di kost-kostan, di kontrakan atau di tempat mertua juga nggak papa kalo dibolehkan kwkwkwkkw..

Bisnis online yang satu ini di gemari oleh ibu-ibu muda, janda ataupun anak kuliahan karena bisa di jalankan di waktu senggang mereka. Target pasar bisnis reseller ini pun luas, sehingga memungkinkan kamu untuk memilih sendiri target pembeli dan pangsa pasarnya. Ilmu marketing yang mendalam juga tidak terlalu di butuhkan di bisnis ini karena kamu sudah terbantu dengan ketenaran produk yang akan kamu jual.

Reseller, Latar belakang

Dengan berkembangnya dunia internet dan pasar global, maka muncullah bisnis online Reseller. Dengan bisnis online semua orang berkesempatan untuk menjadi pelaku bisnis, salah satu nya dengan menjadi Reseller. Tidak menutup kemungkinan saya dan kamu pun bisa menjadi Reseller, karena modal utama Reseller ini ialah kamu harus terhubung dengan internet.

Sebenarnya menjadi Reseller bisa juga secara manual tapi tidak akan berkembang dan cepat bangkrut, namun akan semakin mudah dan luas jangkauannya jika kamu bisa memanfaatkan dengan baik jaringan online. Karena ruang lingkup bidang bisnis ini akan sangat luas jika kamu bisa menggunakan jaringan online. Dari siapa yang akan membeli, daerah mana saja produk ini akan di jual atau kemudahan pengiriman produk. Semua bebas bisa kamu tentukan sendiri, gak akan yang ada menyuruh ini itu seperti saat kamu menjadi karyawan hehehe karena kamu sendiri boss nya.

Baca juga : peluang usaha online review produk

Reseller, Persiapan awal memulai bisnis reseller

Sekarang sudah tahu apa itu reseller kan ? dan juga pasti sudah tahu latar belakang munculnya bisnis online Reseller ini, jika belum silahkan baca lagi tulisan di atas sampe 3kali dan sebelum mengulangi membaca mohon baca do’a dulu kwkwkkw..

Jika sudah tahu dan paham tentang Reseller maka langkah selanjutnya ada menentukan strategi bisnis reseller. Sudah ada beberapa tulisan saya tentang panduan bisnis online di blog azzamdev ini tapi yang akan kita bahas ini lebih spesifik karena hanya untuk bisnis online reseller.

Baca juga : Panduan memulai bisnis online

Point penting yang harus di perhatikan sebelum memulai bisnis reseller, kita simak uraiannya di bawah ini :

1. Menentukan produk - jangan sampai salah produk

Cara memulai bisnis reseller yang pertama adalah menentukan produk yang akan kita jual. Menentukan produk merupakan langkah sepele tapi penting banget untuk kelangsungan bisnismu. Kenapa? Karena jika kamu sendiri kurang paham tentang produkmu, bagaimana mau jelasin kekurangan dan kelebihan produk itu ke pembeli?

Kasihlah contoh seperti ini seorang mahasiswa (cowo) dia menjadi reseller produk kecantikan. Ketika dia sudah menjelaskan manual produk itu ke pembeli, lalu si pembeli bertanya “bang.. abang siapa yang udah pake produk itu?.” “Kapan perubahan menjadi cantik di waktu realitanya?” “Atau berapa kali pake (semisal jual masker wajah) pake masker itu kulit menjadi halus?.” BOOOOMM !?!?! … si babang mahasiswa gelagepan jawab nya akhirnya calon pembeli meninggalkan si babang dengan ketawa-ketiwi.

Banyak sample produk lain yang mempunyai kendala tersendiri, jika kita tidak familier dengan produk itu, karena setiap produk pasti mempunyai target pasar sendiri. Ambillah produk yang paling anda kenal sehingga kelangsungan bisnis anda bisa panjang umur tanpa terkendala apapun.. amin..

2. Tentukan harga yang logis

Tips menjadi reseller yang kedua adalah menentukan harga yang logis dalam persaingan harga jual dikalangan reseller lain. Karena kemudahan bisnis reseller itu lah buanyak pelaku bisnis ini. Seperti saya sampaikan di atas bahwa hamper semua orang usia aktif bisa menjadi pelaku bisnis ini maka persaingan pun sangat ketat. Di sini lah penting nya kita menentukan harga.

Namanya orang Indonesia pasti jika membeli sesuatu pasti ingin membeli barang yang murah tapi berkualitas di atas rata-rata. Apalagi sudah berbau-bau merk, mau barang ori atau KW ya pasti di sikat duluan kalau murah. Di sini kita harus menjadi penjual yang bijak, anda tentu tahu kualitas barang yang anda jual dan juga tentu harga barang di pasaran. Tentukanlah harga dimana anda tidak rugi tetapi pembeli merasa harga itu MURAH (saya capslock karena kata murah itu sangat penting di pasaran Indonesia.. menempati no.2 di urutan di ilmu marketing setelah GRATIS kwkwkwk..)

3. Jalani persaingan yang sehat

Langkah memulai bisnis reseller yang ketiga adalah kita harus berprinsip untuk menjalani persaingat secara sehat. Setelah menentukan barang dan harga sekarang waktunya melihat siapa lawan siapa pembeli. Karena ramenya bisnis online yang satu ini, kita harus membuat persaingan secara sehat. Jangan pernah memonopoli harga barang atau merusak harga karena itu DOSA wkwkkw..

Ingat bisnis itu adalah perputaran uang, jika salah satu roda putar nya macet maka bisnis anda akan berhenti. Maka bersainglah secara sehat dan kalau bisa malah saling membantu karena di bisnis online pangsa pasar nya sangat luas. Bisa saja di kota lain kekurangan barang atau produk kamu maka kamu bisa supply teman sesama reseller dengan harga yang bisa di kompromikan.
Cara memulai bisnis Reseller dan panduan reseller
Cara memulai bisnis Reseller dan panduan reseller
4. Luaskan target calon pembeli

Panduan reseller yang selanjutnya adalah meluaskan target pembeli kita. Seperti yang sudah saya singgung di point nomor 3, Luaskan target calon pembelimu dengan meluaskan pasar anda. Carilah relasi bisnis dari kota lain karena ini merupakan strategi bisnis yang tidak boleh kamu kesampingkan.

Rendahnya minat pembeli di kota anda belum tentu sama dengan minat pembeli di kota lain. Karena bisnis ini berbasis online maka anda bisa dengan mudah untuk memasarkan bisnis ini di kota lain atau dengan menjadi reseller tangan pertama dan menawarkan produk reseller ke tangan kedua di kota lain.

5. Iklan atau promosikan produk

Cara memulai bisnis reseller yang lain adalah ber-iklan atau mempromosikan produk. Berhubung kamu adalah seorang reseller maka budget anda pasti terbatas untuk iklan berbayar (iyalah bang mendingan buat kulakan produk aja dari pada beriklan mahal). Kalem aja iklan atau berpromosi tidak semua nya berbayar tetapi tetap harus kamu lakukan. Ada perbedaan mendasar tentang beriklan suatu produk atau jasa, point nya seperti ini

- Jika produk sudah terkenal, maka promosikan DIMANA pembeli bisa membeli produk tersebut. Target iklan adalah pembeli tidak merasa kebingungan soal membeli dimana serta pembayarannya bagaimana.

- Jika produk belum terkenal, maka kamu harus agak komplit iklan nya. Kamu harus mengenalkan kelebihan dan fitur-fitur produk mu kepada calon pembeli dan tidak lupa bagaimana soal pengiriman maupun pembayarannya.

Promosi atau iklan bisa kita lakukan di social media, bisa lewat Japri (jalur pribadi) di aplikasi chat dan lain sebagainya juga yang GRATIS tentu nya. Jangan lupa juga untuk menyertakan testimoni pelanggan yang sudah membeli produk anda, karena di situlah awal kepercayaan calon pembeli kepada kita si penjual.

Baca juga : cara pembayaran dengan sistem online

6. Diskon, promo, potongan harga dengan tenggat waktu tertentu

Panduan reseller selanjutnya adalah membuat diskon atau promo yang menarik perhatian calon pembeli. Seringkan kita dengar promo dengan jargon “senin harga naek..” Ya, itulah yang saya maksudkan dengan diskon dengan tenggat waktu tertentu. Trik marketing yang sederhana ini bisa kita manfaatkan untuk menarik perhatian calon pembeli. Karena sebelum kita menjual barang tentu kita harus berhasil menarik perhatian calon pembeli, goyahkan iman nya kwkwkwk..

7. Bertindaklah segera

Panduan reseller yang terakhir agak sepele tapi krusial, yaitu segeralah bertindak atau take action. Kita sudah tahu latar belakang bisnis reseller, dari point-point di ataspun kita juga sudah tahu tentang tips dan trik menjadi seorang reseller. Tetapi semua itu tidak akan berguna bagi kamu.. iya kamu.. calon pebisnis sukses jika semua itu tidak di awali dengan tindakan.

Segeralah susun planning untuk eksekusi semua langkah awal menjadi Reseller lalu mulailah eksekusi. Jika terasa berat untuk membeli barang dengan jumlah yang banyak maka ambillah barang yang berharga murah dan segeralah mulai bisnis reseller kamu. Dan jangan lupa berdo’a juga ya..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara memulai bisnis Reseller, panduan reseller dan artinya"

Post a Comment

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..