Faktor abadi penyebab kenaikan dollar

Kenapa dollar naik tajam?

Azzamdev - Faktor abadi penyebab kenaikan dollar, sebagai pebisnis online kita harus tahu kenapa dollar naik di 2018 ini. Banyak media menyebutkankan rupiah terus menuruh dari beberapa bulan yang lalu. Lalu apa yang menjadi penyebab dollar mengalami kenaikan di tahun 2018 ini? Beberapa penyebab kenaikan dollar ini saya lihat dari kacamata orang awam bukan seorang ekonom atau pakar ahli. Ngga usah basi-basi deh ya, langsung kita simak uraian di bawah ini.

Faktor penyebab dollar naik

1. Kenaikan angka import setiap tahunnya
Faktor abadi penyebab dollar naik yang pertama adalah kenaikan angka import negara kita selalu bertambah setiap tahunnya. Negara kita terkenal sebagai importir rutin BBM dari luar negeri. Karena sekarang di indonesia sudah tidak ada lagi yang memakai sepeda untuk bepergian atau kurang nyamannya transportasi umum, mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor. Dari sini tercipta peluang pasar dari produsen kendaraan dari luar negeri untuk masuk ke indonesia.

Semakin banyak konsumen bbm dan kendaraan bermotor, maka hal ini tentu mempengaruhi kenaikan dollar di indonesia karena ini menjadi penyebab utama kenaikan import bbm.
Faktor abadi penyebab kenaikan dollar
Faktor abadi penyebab kenaikan dollar

2. Trends yang salah dikalangan masyarakat
Faktor penyebab dollar naik yang kedua adalah trends dikalangan masyarakat yang salah. Indonesia terkenal sebagai target pasar global. masyarakat indonesia sangat terkenal dengan gengsi nya yang tinggi dan hobi berbelanja. Contoh yang mudah saja, pernahkah publik figur yang ada di negeri kita tercinta ini memamerkan barang-barang produksi sendiri? tentu tidak !?!. Mereka bangga dengan barang-barang seperti tas, sepatu atau pakaian yang bermerk internasional seperti Luis V**ton,  N*ke, Rol*x, Pra*a dan lain sebagainya. Barang-barang tadi di beli dengan dollar dan hal itu berefek juga untuk kenaikan dollar.

Secara tidak langsung mereka memicu trend di kalangan masyarakat. Jika kamu punya uang maka kamu harus beli yang seperti ini dan yang seperti itu atau yang merk ini atau merk itu. Dan aneh nya, memang masyarakat mudah sekali terpengaruh trends seperti itu. Alhasil makin banyak produk luar negeri yang membanjiri negeri kita ini, maka semakin naiklah angka import di negara ini.

Ini belum lagi kalau kita bicara soal pasar smartphone yang masuk ke indonesia, wah bisa lebih panjang lagi bahasannya.

3. Kurang tingginya standart produk lokal
Faktor ketiga penyebab abadi dollar naik adalah kurang tingginya standart produk kita sendiri. Mungkin ini yang menjadi pemicu utama ketidakpercayaan konsumen terhadap produk lokal. Prinsip utama dari pasar bisnis lokal ialah harga murah. Namun banyak produsen lokal yang menghalalkan segala cara untuk menekan biaya produksi hingga tidak memperhatikan kualitas.

Kualitas jarang menjadi perhatian karena terpengaruh oleh harga. Namun setidaknya jika kita mau bersaing untuk pasar lokal apalagi internasional kita harus menjaga kualitas barang dan menyediakan garansi untuk barang tersebut.

4. Lemahnya produk eksport
Faktor abadi penyebab dollar naik yang terakhir adalah kurangnya angka ekport produk negara kita. Produk eksport terbesar indonesia ini hanyalah produk-produk yang dihasilkan dari alam dan "mungkin" bisa habis. produk itu seperti minyak kelapa sawit, hasil dari sektor tambang dan furnitur yang semuanya berbahan dasar dari kekayaan alam negeri ini. Pertanyaan saya, mau sampe kapan semua itu berlanjut ?

Kita harus bisa mengeksport produk-produk selain dari kekayaan alam tersebut. katakanlah kita bisa mengekspor barang elektronik atau mungkin bisa ekport kendaraan bermotor yang lain dari pada yang lain seperti kapal nelayan atau kapal untuk keluarga tentu bisa menekan laju kenaikan dollar karena angka eksport meningkat secara perlahan namun berkelanjutan. Negara kita ini kan negara maritim, masak iya kapal sendiri aja kita susah bikinnya.

Baca Juga :
ide bisnis menggunakan blog
Istilah dalam jual beli online

Kesimpulan kenaikan dollar

Kenaikan dollar mungkin lebih banyak faktor-faktor detail nya, akan tetapi yang saya tulis di atas ialah dilihat dari kacamata orang awam dan akan menjadi faktor abadi penyebab kenaikan dollar yang akan terus terjadi setiap tahunnya, jika kita tidak membenahi perilaku kita sendiri.

Mohon share artikel ini jika bermanfaat, terima kasih.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Faktor abadi penyebab kenaikan dollar"

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..