01 August 2012

Mengatur Keuangan sendiri

Suatu kebutuhan hidup memang tidak ada habis nya. Seperti resiko dalam hal bisnis persoalan keuangan pun sangat fatal jika kita tidak bisa mengatur dengan benar. Seringkali kita  mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan dan mungkin agak "cenut - cenut" kalau sudah berbicara tentang kebutuhan yang tidak kunjung habis itu. Oleh karena itu saya ingin sedikit berbagi tips dalam mengelola finansial anda dalam memenuhi kebutuhan hidup dan agar bisa menabung untuk kehidupan yang lebih baik tentunya.
Ada begitu banyak cara dalam mengelola keuangan anda, berikut beberapa di antaranya :


* Gunakan Metode yang Tepat
Begitu banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola uang Anda, salah satunya adalah membuat anggaran bulanan sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran Anda. Buatlah metode yang tepat untuk kepribadian dan gaya hidup Anda. Sebisa mungkin sisahkan atua sisihkan gaji Anda untuk ditabung.
Prioritaskan kebutuhan utama/ primer
Lihatlah selalu tagihan Anda bulan lalu untuk mengetahui apakah pemasukan.

* Utamakan Kebutuhan Pokok
Anda dapat memenuhi pengeluaran setiap bulannya. Buatlah daftar kegiatan atau tagihan yang harus dibayar, seperti anggaran untuk kebutuhan setiap harinya, membeli bahan makanan, dan biaya lain-lainnya.
Kurangi juga pengeluaran yang tidak perlu seperti membeli pakaian baru setiap bulan dan makan di luar setiap minggu. Prioitaskan kebutuhan pokok agar tidak terjadi pemborosan pada uang Anda.Saya tidak menyarankan Anda tidak boleh mmebeli pakaian baru, tetapi yang penting prioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu, jika masih ada sisanya barulah Anda boleh membeli baju tersebut.

* Kendalikan Pengeluaran
Untuk mengendalikan pengeluaran, cobalah untuk membuat suatu anggaran dengan nilai nominal yang masuk akal dan sesuai kebutuhan. Maksudnya, cobalah untuk melihat selama bulan-bulan sebelumnya, misalnya kebutuhan belanja bulanan adalah sebesar Rp 500 ribu, maka di bulan-bulan selanjutnya jangan sampai melebihi angka tersebut.

* Alokasikan Dana
Catatlah selalu jumlah pemasukan agar Anda dapat menghitung berapa jumlah yang harus dikeluarkan satu bulan kedepan. Apakah anggaran Anda sudah tepat dan dapat menutupi semua pengeluaran Anda ? Jika tidak, cobalah coret pengeluaran yang tidak terlalu penting atau dibutuhkan. Gunakan 80 persen gaji Anda untuk memenuhi kebutuhan termasuk pengeluaran pribadi dan sisakan 20 persen gaji Anda untuk ditabung.

Dengan langkah-langkah di atas semoga dapat membantu memecahkan persoalan keuangan anda. Mungkin kebutuhan hidup setiap orang berbeda-beda tapi solusi dalam menyelesaikan masalah keuangan sendiri atau pribadi akan tetap sama. Semoga bermanfaat..

AzzamDeV, Updated at: 10:14 PM

4 comment:

obat hiv aids Balas Komentar said...

mantap" sangat membantu saya dalam merubah kehidupan saya ...

Ferry DeV Hermansyah Balas Komentar said...

@obat hiv aids : sama" pak..

dimdroid Balas Komentar said...

Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi UII Jogja :)

Ferry DeV Hermansyah Balas Komentar said...

@dimdroid : sama" gan ane orang jogja juga..

Post a Comment

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...