Tips Cara Merawat Komputer dan Laptop

Tips Cara Merawat Komputer dan Laptop
Tips Cara Merawat Komputer dan Laptop
Azzamdev - Tips cara merawat komputer, Posting tips cara merawat komputer dan laptop ini sangat penting bagi kamu yang kesehariannya tidak lepas dari perangkat keras yang satu ini. Makanya tips cara merawat komputer ini sangat berguna bagi kamu pembaca setia blog azzamdev, supaya aktifitas bisnis online mu tetap lancar jaya sejahtera, amin.

Sebagai pelaku bisnis online, tentu senjata utama adalah komputer atau laptop. Mungkin dalam keadaan darurat masih bisa memakai handphone, tetapi proses editing dan proses-proses yang lain lebih pas jika kita menggunakan laptop atau komputer.

Penyebab kerusakan komputer dan laptop

Sebenernya posting ini sudah sejak awalan belajar nge-blog. Karena dulu cuman asal nulis tanpa memperhatikan SEO blog ya jadinya cuman jadi posting blog yang mati tanpa visitor. Nah sekarang coba saya modifikasi dikit supaya SEO friendly dan User friendly.

Penggunaan komputer atau laptop yang tidak wajar sering menyebabkan kerusakan pada perangkat keras komputer, semisal kita ngidupin pc ampe 3hari 3malem buat ngepet di forex trading.

Baca juga : Faktor penyebab komputer lambat

Dan penggunaan online yang tidak wajar juga akan menyebabkan kerusakan software, semisal download file-file tidak jelas seperti b*kep(wkwkwkwkw), crack games,redirect download malware dan lain sebagainya.

Dari point di atas kamu harus sedikit paham, sedikit aja ga harus banyak pahamnya, tentang bagian-bagian yang ada di komputermu. Supaya kamu paham dengan cara kerja komputermu sendiri, jadi tidak asal-asalan juga waktu penggunaan dan bisa segera mengidentifikasi jika komputer / laptop terjadi kerusakan.

Baca juga : spek minimum komputer pc gaming

Tips cara merawat komputer dan laptop

Nah jika sudah sedikit paham dengan bagian komputer atau laptop mari kita bahas lebih lanjut soal tips cara merawat komputer dan laptop biar tetap awet komputernya, juga awet putaran uang bisnis online nya.. amin..

Lalu apa saja tips merawat komputer dan laptop itu ? perhatikan uraian di bawah ini, ini saya ambil dari pengalaman pribadi.

1. Bersihkan hardware secara berkala

Tips merawat komputer dan laptop yang pertama adalah bersihkan hardware secara berkala. Hitungan seminggu sekali atau 2 minggu sekali buka casing komputer mu dan bersihkan lah dengan kuas. Atau buka casing dan semprot dengan kipas angin, pasti langsung batuk kena debu kwkwkw..

2. Buang aplikasi yang tidak perlu

Tips merawat komputer yang kedua adalah buang aplikasi yang tidak perlu. Cek dari Control panel – programs – uninstall program, lihat aplikasi apa saja yang di sana. Jika di situ banyak aplikasi yang mencurigakan atau memang tidak di perlukan sebaiknya langsung hapus atau uninstall saja. Disamping melegakan memory RAM, bisa mencegah terjadi nya file corrupt.

3. Bersihkan sampah browser

Point merawat laptop dan komputer yang ketiga adalah bersihkan file-file sampah pada browser. Disaat kita surfing di internet, kita sebenarnya mendownload file dari server sehingga kita bisa melihat tampilan front-end dari sebuah website. Nah file-file itu lah yang bisa di sebut cache dan cookies browser. Download lah semacam software pembersih cache browser. Contoh CCleaner

4. Install Antivirus

Tips merawat komputer yang selanjutnya adalah menginstall antivirus supaya aman dari serangan malware, virus, worm dan sejenisnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dari dunia kedokteran pun di sarankan seperti itu makanya kita harus mengikuti omongan para dokter hehehehe. Menginstall antivirus memang sudah wajib hukumnya untuk komputer dan gadget kamu mas bro.

5. Gunakan stabilizer untuk pc

Tips merawat komputer yang lain adalah menggunakan stabilizer untuk komputer. Sebenernya ini penting ga penting sih. Jika kamu tinggal di wilayah yang sering terkena induksi petir atau sering terjadi mati listrik, maka saran ini pas banget buat kamu. Fungsi stabilizer menstabilkan arus dan menjadi semacam bak control untuk listrik (AC) sebelum masuk ke power supply. Jadi jika terjadi kerusakan maka tidak langsung power supply yang rusak tetapi stabilizer nya dulu.

6. Defrag harddisk secara berkala

Langkah merawat komputer dan laptop yang lain adalah mendefragment harddisk secara berkala. Isi dalam harddisk itu adalah kepingan dan sewaktu komputer atau laptop menyala kepingan harddisk itu berputar dalam kecepatan tinggi. Sewaktu kita menyimpan data ntah itu download atau copas, harddisk menulis data dalam keadaan yang tidak tertata. Nah di sini lah fungsi defragment harddisk, supaya sector dalam kepingan harddisk bisa tertata dan kinerja komputer stabil.

7. Jauhkan magnet dari perangkat

Tips merawat komputer dan laptop yang selanjutnya ialah menjauhkan perangkat apapun yang mengandung magnet dari komputer kita. Jika ada benda-benda yang mengandung muatan magnet sebaiknya jauhkan dari perangkat komputer atau laptop. Dikarenakan fungsi magnet akan menganggu kinerja perangkat keras atau monitor di perangkat. Ngga percaya? Silahkan di coba.. deketin deh tu magnet ke perangkat sejam aja dan lihat apa yang terjadi wkwkwkkw..

8. Singkronkan Operating system dengan perangkat hardware

Lalu langkah selanjutnya dalam merawat komputer adalah menyesuaikan penggunaan software dan hardware. Kamu perlu tahu didalam operating system ada spesifikasi khusus penggunaan hardwarenya. Jangan kompie masih Pentium 4 ram 1,5GB di install win 8 atau win 10, Ya ga singkron pastinya, alhasil bukan komputer tambah keren yang ada malah kompie ngadat ntar. Jangan di paksain, ntar kayak pacar di paksain malah bukan ke pelaminan tapi jadi mantan ( halah.. )

9. Shutdown komputer dengan benar

Cara merawat komputer yang lain adalah jangan asal pencet tombol on/off di komputer atau langsung cabut kabel nya, hal itu merusak hardware komputer. Perangkat komputer berputar dalam kecepatan tinggi saat aktif, jika kamu langsung cabut kabel tanpa proses shutdown tentu bagian-bagian yang berputar dalam kecepatan tinggi tadi akan berhenti mendadak dan pastilah akan menyebabkan kerusakan. Sebaiknya shutdown dulu biar bagian yang berputar tadi putarannya berhenti dengan perlahan.

10. Jauhkan komputer dari benda cair dan tangan anak-anak

Tips merawat komputer yang terakhir adalah menjauhkan komputer dan laptop dari jangkauan tangan anak-anak. Sepele tapi penting nih, semua point dari angka 1 – 9 sudah di lakukan, tapi point ke 10 tidak di lakukan alhasil komputer atau laptop yang sudah di rawat terkena siraman air minum dan sejenisnya atau kesenggol balita yang lagi mainan (2x saya alami ini) akhir nya rusak juga kwkwkwkw..

Supaya perangkat andalan kamu ntah itu komputer atau laptop maka tips cara merawat komputer harus di lakukan full ya dari point 1 sampai dengan point 10. Supaya putaran bisnis online juga tetap lanjar jaya sejahtera.. amin..
Mohon dengan sangat share artikel ini jika bermanfaat dan sertakan link jika ingin Copas, terima kasih.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Tips Cara Merawat Komputer dan Laptop"

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..