Beberapa Faktor Penyebab Komputer Lambat

Azzamdev - Faktor Penyebab Komputer lambat, dalam postingan kali ini saya ingin mengulas beberapa faktor penyebab komputer lambat atau berat. Di kehidupan sekarang ini komputer sudah menjadi faktor peting dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari aktifitas kantor hingga untuk pengerjaan tugas di rumah.

Mungkin anda sering emosi atau dongkol kalau merasakan komputer yang anda pakai lambat atau lemot. Bahkan untuk berinternet ria pun kadang komputer lambat menjadi penyebab juga dalam kecepatan koneksi internet ikutan lemot.
Beberapa Faktor Penyebab Komputer Lambat
Beberapa Faktor Penyebab Komputer Lambat
Apakah yang menjadi penyebab komputer lambat? atau nge-lag? Berikut ini beberapa Faktor penyebab komputer anda menjadi lambat :

1. Kapasitas RAM kecil
penyebab komputer lambat yang pertama adalah kekurangan kapasitas RAM, dari segi hardware coba di cek lewat menu Run --> dxdiag --> cek ram yang terinstal. Kekurangan RAM ( Random Access Memory ) sangatlah terasa untuk sebuah komputer. Karena RAM berfungsi sebagai simpanan data awal yang di baca Procesor sebelum Harddisk. RAM yang baik minimal 2GB sudah support win 7 lebih bagus lagi kalau berkapasitas 4GB dan sudah support DDR3.

2. Banyaknya Program start-up yang berjalan
Terlalu banyak program start up yang berjalan juga merupakan faktor penyebab komputer lambat. Sebaiknya program-program startup yang tidak terlalu sering digunakan di nonaktifkan saja lewat menu Run --> msconfig. Dan untuk software yang tidak terpakai seperti aplikasi pc tool dan semacam nya sebaiknya di matikan saja karena software itu memanggil CPU untuk terus bekerja.

Walaupun aplikasi itu tidak kita jalankan secara manual tetapi dia akan memenuhi memory karena sudah tersetting otomatis hidup. Sebaiknya di Uninstall saja untuk software-software yang tidak terlalu sering digunakan.

Baca juga : spesifikasi minimum komputer game

3. Menginstall lebih dari 1 anti virus
Faktor penyebab komputer lambat yang lain adalah menginstall lebih dari 1 antivirus. Untuk kondisi ini banyak terjadi di masyarakat luas, saya perhatikan banyak orang-orang yang menginstall 2 atau lebih program antivirus untuk mengamankan komputer nya biar aman dari virus (kasus yang terjadi avira dan smadav di install dan dijalankan semua). Padahal cukup 1 antivirus saja dan pastikan antivirus ter-update database virusnya sudah mencukupi untuk pengamanan komputer karena di windows pun sudah ada firewall windows, karena penginstalan antivirus dikomputer lebih dari 1 mengakibatkan CPU bekerja terus-menerus.

4. HardDisk banyak yang terkena bad sector
Komputer lambat akibat Harddisk terdapat banyak yang mengalami bad sector. Kalau yang untuk kasus ini sih saya sarankan ganti Harddisknya saja atau kalo masih memungkinkan kita bisa melakukan defragment pada Harddisk yang kita pakai untuk memilah sector pada harddisk yang masih bagus dan yang sudah tidak bisa dipakai.

Temporary Files yang sudah keterlaluan banyak nya juga menjadikan kinerja harddisk menurun sebaiknya file-file sampah harus segera dibuang untuk memaksimalkan kinerja komputer kamu. File Temp windows, Log windows, Cookies dan Chace internet juga harap di hapus. pakai aja cleaner semacam CCleaner.

Baca juga : tips merawat komputer

5. Serangan virus dan sodaranya
Faktor penyebab komputer lambat selanjutnya adalah karena serangan Virus dan sodara - sodaranya seperti trojan, malware, worm, spyware dsb bisa menyerang driver dari perangkat komputer, seperti membuat file pc menjadi corrupt atau tidak bisa digunakan.

Solusinya ya bersihkan dengan antivirus yang terpercaya (kalo dah parah ya di install ulang aja windowsnya hehehe..). untuk antivirus nya pasang 1 antivirus saja tetapi yang sudah terpercaya dan harus di update supaya database antivirus bertambah dan bisa bekerja secara optimal. Sukur" di kasih deepfreeze supaya pc atau laptop kita bener-bener aman.

6. Panas yang berlebih
Faktor penyebab komputer lambat yang terakhir karena masalah Overheating. Suhu dalam ruangan CPU terlalu panas karena kipas dalam komputer tidak berfungsi secara optimal. Mungkin karena kita jarang membersihkan kipas yang melekat pada hardware komputer (yang sering terjadi sih tidak berani bongkar sendiri takut rusak hehehe..).

Hal tersebut adalah hal dasar yang menjadi penyebab komputer lambat (tidak seperti waktu beli dulu langsung cek jreeenggg..). Mungkin itu yang bisa saya share ke kamu dan semua berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami. Tolong koreksinya jika ada yang salah atau mungkin ada tambahan ?? tulis di komentar ya

share artikel ini jika bermanfaat, terima kasih..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa Faktor Penyebab Komputer Lambat"

Post a Comment

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..