Panduan Praktis Memulai Bisnis Online Anda

Panduan praktis memulai bisnis online anda

Panduan Praktis Memulai Bisnis Online Anda

Panduan praktis memulai bisnis online berguna sekali untuk Anda yang masih baru di bidang bisnis online. banyak sekali yang bertanya tentang cara memulai bisnis online di berbagai forum, makanya saya juga ingin sharing tentang memulai bisnis online anda sendiri. Karena ibarat kita akan maju berperang, tentu kita harus punya strategi nya dulu supaya menang.

Untuk memulai bisnis online memang bukanlah perkara mudah, meskipun terlihat simple tapi kita harus tahu bagaimana menentukan langkah awal untuk memulai nya. Begitu sudah berjalan, bisnis online dapat menjadi bisnis yang amat mengiurkan. Dalam pengerjaannya sendiri bisnis online dapat dilakukan di mana saja tanpa harus melihat waktu dan tempat. Dengan begitu kita dapat mengurus pekerjaan lainnya sembari melakukan bisnis online.

Lalu apa saja strategi bisnis atau langkah awal yang harus kita persiapkan untuk memulai bisnis online? Mari kita perdalam lagi dengan uraian Panduan praktis memulai bisnis online ini :

Panduan awal memulai usaha online anda 

1. Siapkan Modal dan Mental yang Matang

Apapun jenis bisnisnya, sekalipun jenis bisnis online tentu memerlukan modal walaupun kecil. besar kecilnya modal suatu bisnis tergantung pada besar atau kecilnya bisnis yang anda pilih. Untuk bisnis online menjadi reseller tentunya anda tidak memerlukan modal yang besar, anda hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop atau smartphone. Untuk bagi anda yang ingin menjalankan bisnis online menggunakan produk pribadi, tentunya anda membutuhkan modal untuk produksi. Jika anda merasa keberatan dengan modal yang dibutuhkan, anda dapat mengajak rekan untuk berbisnis bersama. Agar modal yang dibutuhkan dapat dibagi menjadi dua. Selain modal uang anda juga harus menyiapkan mental diri. Jangan hanya memulai suatu bisnis karena mengikuti trend yang sedang ada saja. Pastikan anda memulai bisnis karena sudah menjadi keputusan diri anda sendiri.

2. Membuat Perencanaan Bisnis

Luangkanlah waktu untuk menyusun sebuah rencana bisnis yang matang dan terperinci. Hal ini bertujuan untuk membantu anda merencanakan langkah-langkah yang akan anda ambil ketika menjalankan bisnis online. Dengan rencana bisnis anda akan dapat melihat berapa biaya operasional yang harus nada keluarga, bagaimana strategi pemasarannya dan lain sebagainya.

3.Belajar Dari Ahlinya

Bagi anda yang belum memiliki pengetahuan luas tentang dunia bisnis online anda sebaiknya belajar pada ahlinya. Agar pengetahuan dan ide-ide anda bertambah, sehingga ketika bisnis online anda terjadi suatu masalah anda sudah memiliki solusinya. Anda dapat bertanya pada orang-orang yang lebih dulu memulai bisnis online, karena memiliki mentor bisnis sangat penting untuk membimbing bisnis anda.

4. Harus Tekun dan Teliti

Dalam merintis suatu bisnis tentu diperlukan sikap ketekunan dan ketelitian, tidak ada hasil yang mengkhianati prosesnya. Oleh karena itu anda dituntut untuk selalu bekerja keras. Jangan mudah mengeluh dan berputus asa dalam memulai bisnis online, karena tidak ada bisnis yang mudah tentunya.

5. Bergabung dalam Komunitas

Untuk anda yang belum memiliki pengetahuan yang cukup di bidang bisnis berbasis online, anda dapat menambah pengetahuan dengan bergabung pada komunitas positif. Misalnya dengan bergabung pada grup diskusi atau komunitas pembisnis online muda, hal ini bertujuan agar anda dapat belajar dan pengalaman mereka. Serta ketika anda mendapatkan suatu masalah dapat berbagi dan mencari solusi bersama.

6. Bertindak (Action)

Sikap yang satu ini sangat sepele tapi juga merupakan kunci penting dalam menentukan langkah awal kita memulai suatu bisnis atau usaha. Bayangkan setelah kita mencari ilmu ke kanan kiri dan sudah mempunyai banyak rekan bisnis tapi kita masih belum berani untuk memulai bisnis kita sendiri, ya pastilah kita akan semakin jauh dari kata sukses.

7. Membentuk Mindset

Langkah awal bisnis online yang selanjutnya adalah membentuk mindset terlebih dahulu. Pola pikir sangat berpengaruh pada kesuksesan anda dalam berbisnis. Dalam memulai bisnis sendiri tentunya tidak terlepas dari hambatan dan masalah yang dapat membuat bisnis menjadi gagal. Penting untuk diingat bahwa tidak ada bisnis yang selalu di atas dan tidak ada bisnis yang langsung sukses tanpa adanya masalah. Oleh karena itu anda harus menyiapkan mental dan pengetahuan sebelum kondisi terburuk terjadi.

8. Fokus pada Satu Bisnis

Terkadang dalam memulai suatu bisnis kita tergoda untuk mencoba lebih dari satu bisnis. Namun tanpa disadari hal inilah yang menjadi penyebab gagalnya bisnis karena kita tidak berfokus pada satu bidang saja sehingga pikiran menjadi terbagi-bagi. Untuk anda yang sudah berpengalaman di bisnis online tentunya tidak masalah memiliki lebih dari satu bisnis online. Namun bagi pemula yang belum memiliki pengalaman lebih harusnya hanya berfokus pada satu bisnis saja.

9. Memilih Bisnis Online Yang Disukai

Ada banyak bisnis online yang ada. Misalnya dengan berjualan secara online, menawarkan jasa, menawarkan produk secara online, menguangkan blog, membuat les online, serta bisnis online lainnya. Memulai usaha bisnis online harus disesuaikan dengan hal yang anda sukai. Misalnya anda suka menulis maka anda dapat menjadi penulis artikel, bila anda memiliki kelebihan di bidang pembuatan website anda dapat menawarkan jasa pembuatan website. Hal ini dikarenakan bisnis yang sesuai dengan passion akan lebih mudah berkembang dari pada bisnis yang dilakukan tidak berdasarkan passion.

10. Lihat Peluang Bisnis

Kiat sukses bisnis online untuk pemula yang selanjutnya adalah dengan melihat peluang bisnis yang ada. Anda harus melakukan pertimbangan antara modal, keuntungan, strategi dan lain sebagainya. jika anda masih menjadi pelajar atau mahasiswa anda sebaiknya menjalankan bisnis online menjual pakaian atau jilbab. Untuk seorang ibu rumah tangga dapat menjalankan bisnis online menjual perlengkapan anak dan lain sebagainya.

Panduan memulai bisnis online

11. Belajar Dari Kesalahan 

Panduan praktis bisnis online untuk pemula yang selanjutnya adalah dengan belajar dari kesalahan. Bagi seorang pemula memulai bisnis tidaklah mudah, banyak pebisnis pemula yang melakukan kesalahan. Disini mental bisnis kita di uji, karena kesalahan tersebut harusnya menjadikan kita semakin semangat belajar dan terus melakukan pembenahan. Teruslah belajar dari kesalahan diri sendiri ataupun kesalahan orang lain, karena pepatah mengatakan “kegagalan itu sukses yang tertunda”.

12. Belajar Tentang Teknologi

Belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi adalah salah satu kiat sukses bisnis online untuk pemula. Terlebih bagi pemula yang tidak sepenuhnya menguasai teknologi atau istilah lainnya gagap teknologi. Bagaimana anda akan menjalankan suatu bisnis online jika anda tidak menguasainya. Hal ini tentu akan menjadi permasalahan tersendiri. Oleh karena itu, anda harus belajar tentang teknologi dan bagaimana penggunaannya. Hal ini akan sangat bermanfaat tidak hanya dalam menjalankan bisnis online, namun juga bermanfaat bagi kehidupan anda ke depannya.

13. Buatlah Inovasi – Lihat, Cermati dan Modifikasi

Sudah banyak pembisnis di dunia online yang telah lebih dulu ada. Oleh karena itu anda sebagai pemula di bisnis online harus membuat inovasi yang baru. Tujuannya untuk menarik minat konsumen dan agar bisnis anda lebih menonjol dibandingkan yang lainnya. Misalnya dari segi pengemasan atau lainnya. Bila anda menjual suatu produk makanan atau minuman anda dapat membuat inovasi rasa di dalamnya agar berbeda dari produk lainnya.

14. Pemasaran atau Marketing

Kegiatan pemasaran atau promosi sudah jelas sangat penting dilakukan. Melalui kegiatan ini anda akan mengembangkan bisnis online anda. anda harus melakukan perencanaan pemasaran yang matang seperti bagaimana kegiatan promosi akan dilakukan dan menggunakan media apa serta hal-hal lainnya yang berkaitan.

15. Antisipasi Kegagalan

Dalam berbisnis selalu ada saja resiko akan kegagalan yang terjadi. Oleh karena itu anda dituntut untuk dapat bertindak cepat ketika ada suatu hal yang salah terjadi. Untuk itu anda harus membuat sistem yang tepat agar dapat meminimalisir kegagalan. Tugas dari setiap orang harus jelas dan sesuai agar tidak terjadi masalah ke depannya.

16. Perencanaan Keuangan

Mengatur keuangan ini sangat krusial. Pengaturan keuangan ini bukanlah menjadi persoalan ketika memulai usaha saja. Namun ketika proses menjalankan usaha pun di butuhkan perencanaan keuangan yang matang. Anda harus bisa memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan milik bisnis. Karena banyak orang yang gagal menjalankan bisnis online lantaran keuangan yang di campur adukan.

17. Tahu Kapan Waktunya Untuk Berhenti

Memang memiliki sikap pantang menyerah sangat baik dalam memulai bisnis online, namun hal tersebut harus diimbangi dengan sikap realistis. Realistis yang dimaksud di sini adalah tahu kapan harus berhenti berusaha. Karena jika anda dalam menjalankan suatu bisnis online mengalami kegagalan berulang-ulang kali dalam jangka waktu yang lama mungkin anda harus mempertimbangkan untuk mengganti bisnis tersebut. Jangan ragu untuk mengganti ide bisnis online, hal ini bukan berarti anda menyerah namun memperbaiki keadaan. Siapa tahu dengan mengganti bisnis online yang baru, bisnis anda cepat berkembang dari pada sebelumnya.

Jika sudah membaca artikel Panduan praktis memulai bisnis online, segeralah untuk action dan jalankan ide bisnis yang ada dalam pikiran anda.

Jika artikel membantu tolong share dan subscribe, terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Panduan Praktis Memulai Bisnis Online Anda"

Post a Comment

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..