Spesifikasi Minimum Komputer untuk Game

Spesifikasi Minimum Komputer untuk Game
Spesifikasi Minimum Komputer untuk Game
Azzamdev - Spesifikasi Minimum Komputer Gaming, Di tahun 2018 ini spek minimal komputer pc gaming memang sengaja di rekomendasikan bagi kamu pengguna aktif komputer tapi spek komputermu kurang mumpuni. Spesifikasi komputer / pc tentu sangat berpengaruh pada kinerjanya. Kita harus memerhatikan spek minimal komputer / pc yang kita pakai supaya komputer tidak lemot. Apalagi jika kita hobi banget bermain game, entah itu game online atau pun offline pasti akan mempengaruhi kenyamanan gaming kamu.

Atau mungkin bagi kamu yang punya hobi desain grafis atau malah bekerja dibidang grafis tentu harus memerhatikan spesifikasi komputermu. Dari hobi seperti gaming atau grafis juga bisa menjadi ide bisnis tersendiri, mungkin jika anda ingin membuat usaha game online ( saya juga kepingin ) ada beberapa poin yang harus di perhatikan untuk spesifikasi PC / komputer nya. Supaya harga tidak terlalu tinggi maka di pilihlah poin penting dalam menentukan Spesifikasi Minimum Komputer untuk Game , tentu dengan harga yang ramah dengan budget kita.

Lalu apa saja yang harus kita perhatikan dalam memilih spek minimum komputer gaming ? Mari kita simak uraian komponen komputer pc gaming di bawah ini

Processor
Prosesor atau CPU minimal spek yang dipakai adalah 2.5 MHz Intel Dual Core atau AMD Athlon/Phenom X2 unlock to X3. Lebih tinggi sangat di anjurkan demi kenyamanan bermain game. Ibarat bagian tubuh manusia CPU ini adalah otak komputer, maka semakin bagus CPU yang di pakai tentu pengalaman gaming kita akan semakin nyaman.

Motherboard
Untuk mewakili Motherboard ekonomis dalam pemilihan spek minimum gaming, saya anjurkan untuk menggunakan ECS motherboard. Harga yang terjangkau dan performanya yang selama ini cukup konsisten membuat saya memilihnya sebagai acuan dalam postingan ini.AMD Llano ECS A75F-M2 adalah board paling murah yang bisa diperoleh saat ini. Sementara untuk platform AMD AM3, saya memilih ECS A880LM-M (chipset AMD760). Di sisi Intel, saya anjurkan untuk menggunakan chipset H61 (ECS H61H2-M2) yang harganya sangat terjangkau.

RAM
Dalam memilih spek komputer untuk gaming RAM tentu penting dan untuk RAM saya anjurkan untuk menggunakan RAM 2 GB DDR3 tentu juga di sesuaikan dengan OS Window yang kita pakai. Ukuran 2 GB memang tergolong pas-pasan. Akan tetapi, ini adalah kapasitas yang kerap digunakan dan masih mencukupi untuk menjalankan beragam game 3D terkini.

HardDisk
Kapasitas 500 GB memang tidak bisa dianggap besar. Akan tetapi, mengingat limitasi dana yang tersedia, saya anjurkan untuk menggunakannya. Kapasitas 500 GB sudah cukup besar untuk instalasi beberapa game terkini. Pastikan saja bahwa Anda memilih jenis hard disk yang mengutamakan performa, bukan konsumsi daya, karena hard disk yang cenderung mengutamakan konsumsi daya rendah akan memberikan performa rendah (loading game menjadi lambat).

VGA card 
Untuk sistem tanpa VGA terintegrasi, spek minimum pc gaming saya rekomendasikan menggunakan NVIDIA GeForce GT430. Beragam fitur khas NVIDIA bisa dimanfaatkan dari VGA ini. Dukungan driver yang baik pun menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, tentu saja, harganya yang berkisar Rp 600.000 membuatnya pas untuk sistem ini. Tentu saja, sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan pilihan lain seperti AMD Radeon 5570 yang memiliki performa serupa dengan NVIDIA GeForce GT430.

Heatsink atau Cooler
Ini juga sangat penting, bermain game dengan mengetik pastinya sangat berbeda. Saat bermain game prosesor akan panas sekali bahkan bisa over. Untuk mengatasi masalah tersebut maka anda harus menggunakan pendingin modif, jangan menggunakan pendingin bawaan terutama bagi prosesor AMD.

Baca Juga : tips merawat komputer
                    penyebab komputer lambat

Beberapa point di atas status nya adalah Spesifikasi Minimum Komputer untuk Game jika kamu ingin mengganti dengan spek yang lebih tinggi lagi itu lebih baik. Jika anda adalah seorang gamer tentu tahu tentang penting nya spesifikasi komputer yang kita gunakan untuk main game.

Semoga bermanfaat.. Happy Gaming !

Postingan terkait: