Mengatur Keuangan pribadi

Azzamdev - Mengatur Keuangan Pribadi, Suatu kebutuhan hidup memang tidak ada habis nya. Seperti resiko dalam hal bisnis persoalan keuangan pun sangat fatal jika kita tidak bisa mengatur keuangan dengan benar.

Seringkali kita mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan dan mungkin agak pusing kalau sudah berbicara tentang kebutuhan yang tidak kunjung habis itu. Oleh karena itu saya ingin sedikit berbagi tips dalam mengelola finansial anda dalam memenuhi kebutuhan hidup dan agar bisa menabung untuk kehidupan yang lebih baik tentunya.
Mengatur keuangan pribadi
Mengatur keuangan pribadi
Cara mengelola keuangan pribadi anda, berikut beberapa cara di antaranya :

1. Menentukan tujuan keuangan anda
Cara mengatur keuangan pribadi yang pertama adalaha menentukan tujuan keuangan anda. Bagi beberapa orang, tidak ada yang lebih menarik dibandingkan menyisihkan sebagian uang untuk membeli rumah baru, motor baru, mobil baru, istri baru (eh.. ??) ataupun untuk biaya pendidikan anak. Jika anda memiliki tujuan yang pasti akan membuat anda lebih antusias mengatur keuangan pribadi. Hal itu juga akan menjadi motivasi untuk mengumpulkan pendapatan yang lebih.

2. Buatlah rencana keuangan anda - Prioritaskan kebutuhan utama/ primer
Cara mengatur keuangan yang kedua adalah menentukan prioritas kebutuhan primer. Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Adapula untuk pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan. Anda sebaiknya membuat anggaran bulanan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos pengeluaran masing-masing.

3. Menahan diri dari tawaran penjualan
Langkah mengatur keuangan yang selanjutnya adalah menahan diri dari tawaran penjualan. Penawaran penjualan memang diciptakan untuk menguras habis uang pembeli. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen. Namun jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut. Hal lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut. Kurangi juga pengeluaran yang tidak perlu seperti membeli pakaian baru setiap bulan dan makan di luar setiap minggu.

4. Kendalikan pengeluaran anda
Point mengatur keuangan yang selanjutnya adalah mengendalikan pengeluaran anda. Untuk mengendalikan pengeluaran, cobalah untuk membuat suatu anggaran dengan nilai nominal yang masuk akal dan sesuai kebutuhan. Maksudnya, cobalah untuk melihat selama bulan-bulan sebelumnya, misalnya kebutuhan belanja bulanan adalah sebesar Rp 500 ribu, maka di bulan-bulan selanjutnya jangan sampai melebihi angka tersebut.

5. Alokasikan Dana
Cara mengatur keuangan yang selanjutnya adalah harus mengalokasikan dana. Catatlah selalu jumlah pemasukan agar Anda dapat menghitung berapa jumlah yang harus dikeluarkan satu bulan kedepan. Apakah anggaran Anda sudah tepat dan dapat menutupi semua pengeluaran Anda ? Jika tidak, cobalah coret pengeluaran yang tidak terlalu penting atau dibutuhkan. Gunakan 80 persen gaji Anda untuk memenuhi kebutuhan termasuk pengeluaran pribadi dan sisakan 20 persen gaji Anda untuk ditabung.

6. Hindari biaya yang tidak perlu
Point mengatur keuangan yang berikutnya adalah hindarilah biaya yang tidak perlu. Sering telat bayar tagihan dan kena denda, memakai jasa calo, melanggar lalu lintas yang berujung tilang. Biaya yang nggak perlu ini sering kita sepelekan karena merasa gaji kita sudah lumayan. Kalau nggak disiplin dalam hal sepele kayak gini bagaimana bisa mengatur keuangan dengan bijak?.

7. Bandingkan harga - price compare
Membandingkan harga juga termasuk dalam cara mengatur keuangan pribadi. Pastikan untuk selalu membandingkan harga saat mau membeli barang. Entah itu barang elektronik, smartphone atau tiket pesawat. Dengan teknologi internet sekarang ini sudah sangat mudah bagi anda untuk selalu mencari harga terbaik di setiap barang atau jasa yang akan di beli.

Baca Juga :
pasang indihome jogja

8. Mulailah bisnis anda sendiri
Berkaitan dengan tujuan kita mengatur keuangan maka mulailah untuk memulai usaha sendiri. Kita ambil contoh seperti kejadian di negara Amerika kemarin, resesi mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewirausahaan, sebagai cara untuk mengambil kembali kendali kehidupan finansial mereka. Bahkan usaha relatif kecil, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.

Baca juga :
Ide bisnis dari blog
Peluang usaha dari blog

Dengan langkah-langkah di atas semoga dapat membantu memecahkan persoalan keuangan anda. Mungkin kebutuhan hidup setiap orang berbeda-beda tapi solusi dalam menyelesaikan masalah keuangan sendiri atau pribadi akan tetap sama.

Silahkan share jika artikel ini bermanfaat, Terima kasih..

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Mengatur Keuangan pribadi"

  1. mantap" sangat membantu saya dalam merubah kehidupan saya ...

    ReplyDelete
  2. @obat hiv aids : sama" pak..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi UII Jogja :)

    ReplyDelete
  4. @dimdroid : sama" gan ane orang jogja juga..

    ReplyDelete

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..