Arti Program Afiliasi dan pengertiannya

Azzamdev - Apa itu Program afiliasi, Arti program afiliasi secara simplenya adalah program hubungan kerjasama antara retail produsen dengan pemilik blog atau website untuk mendorong calon konsumen melakukan tindakan pembelian.

Pengertian program afiliasi secara umum ialah sebuah program pemasaran otomatis di mana web pengiklan atau pedagang merekrut pemilik website yang akan menjadi penghubung untuk memasarkan produk kepada konsumen dengan menempatkan iklan banner atau tombol-tombol pada situs web mereka sendiri dan pemilik situs akan menerima komisi referensi atau komisi dari penjualan ketika pelanggan telah mengklik link afiliasi untuk sampai ke situs website pengiklan lalu melakukan tindakan yang diinginkan, biasanya melakukan pembelian atau mengisi formulir kontak, seperti Amazon dot com misalnya.
arti program afiliasi dan pengertiannya
arti program afiliasi dan pengertiannya
Begitu ramainya program-program untuk bisnis online sekarang ini. ada program Paid to Review, CPM, PPC, PTC, CPC hingga melibatkan sektor bisnis offline seperti reseller dan dropshipper. Bentuk bisnis online tadi bisa kita gunakan untuk mendulang rupiah maupun dollar dari jaringan internet ini. Untuk kali ini saya ingin sharing soal program afiliasi atau istilah keren nya Affiliate program. Karena bisnis ini sangat basah di dunia bisnis online di luar negeri khususnya U.S.

Baca Juga :
Referensi sistem pembayaran online yang terpercaya
Peluang usaha dari review produk

Syarat menjadi partner afiliasi

Program Afiliasi ini gampang-gampang susah bagi rekan-rekan blogger pemula yang mana masih minim pendapatan dari blog seperti saya sendiri. Program afiliasi pun beragam mulai dari kualitas dan kuantitas nya, tinggal bagaimana rekan sesama blogger memilih program afiliasi mana yang akan di ikuti.

Syarat umum menjadi partner afiliasi adalah hal dasar yang kita semua blogger paham dengan benar yaitu traffic atau unique visitor yang tinggi dan topik blog atau website haruslah relevan dengan produk atau perusahaan yang akan kita pilih karena akan menjadi faktor pertimbangan oleh calon kunsumen.

Semisal kita mempunya blog yang berbahasa inggris dan target marketing nya ada di luar negeri, teman blogger bisa menjalin kerjasama dengan amazon. Di amazon sangat recomended untuk menjalankan program afiliasi, karena disana sangat lengkap produk-produknya yang di jual dan melayani jual beli sampai benua eropa.

Jika blog rekan berbahasa indonesia maka saya bisa merekomendasikan perusahaan start-up besar yang ada di Indonesia. Ambillah contoh seperti bukalapak,tokped, serta lazada. Semua perusahaan itu membuka lowongan untuk program afiliasi. Tau sendiri kan kiprah mereka di dunia jual beli online seperti apa?

Berapa komisi yang di dapat dari program afiliasi?

Karena program afiliasi ini merupakan bentuk bisnis online yang paling susah jika kita melihat proses bisnis yang ada di sini maka hal itu pun berbanding lurus dengan hasil nya. Biasanya jika kita hanya memasang iklan dan mengharapkan klik dari blog, hasilnya tidak seberapa.

Program Afiliasi ini harus di kerjakan dengan serius dan memperhatikan faktor-faktor penentu supaya kita bisa bersaing dengan competitor afiliator lain. Rata-rata program affiliasi memberi komisi berdasarkan persentase pendapatan yang terjadi akibat pembelian dari pengunjung yang berasal dari website atau blog kamu.

Sebagai contoh, jika anda berpartisipasi dalam sebuah program affiliasi yang menawarkan komisi 10% dan anda mengirimkan seorang pengunjung yang membeli barang seharga $10, maka anda akan mendapat komisi sebesar $1. Besar komisi bervariasi mulai dari 1% (biasanya produk terkenal) hingga 50% (produk yang tidak terkenal).

Jika kita rupiahkan tentu hasilnya akan lumayan jika di banding dengan program bisnis online yang lain. Hal itu menjadi penggoda utama para pemain bisnis afiliasi ini.

Banyak blogger senior mendapatkan penghasilan tambahan karena bermain program afiliasi ini dan saya harapkan kita semua yang masih pemula bisa menyusul para senior dalam hal memaksimalkan potensi penghasilan dari blog.

Share artikel ini jika bermanfaat, terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Arti Program Afiliasi dan pengertiannya"

Post a Comment

Tolong berkomentarlah dengan sopan.. Jangan menyertakan aktif Link atau SPAM karena akan langsung dihapus.. terima kasih..